Dampak Positive E-Commerce dan E-Business:
1. Revenue 
Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang 
tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.  
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). 
 3. Menurunkan biaya operasional(operating cost). 
 4. Melebarkan jangkauan (global reach).
  5. Meningkatkan customer loyality.
  6. Meningkatkan supplier management. 
 7. Memperpendek waktu produksi. 
 8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
 ...............................................................................................
 Dampak negatif E-Commerce dan E-Business : 
 1.
 Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang 
penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia 
telah mengganti semua data finansial yang ada. 
 2. Pencurian 
informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap 
semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak 
dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban. 
 3. 
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini 
bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam. 
 4.
 Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan 
seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah 
itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
 
 5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena 
berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh 
pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut. 
 6.
 Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan 
dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , 
kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan 
sistem elektronik. 
Latest Stories
Categories: 

