E-Commerce terdiri atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
Kerjasama
 secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi 
antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply 
Chain).
2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.
3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada
 jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang 
dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk 
menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
Pada
 jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan 
kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan 
Businessto- Employee (B2E).
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah
 menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce. 
Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain 
(Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain 
(Government-to-Business / G2B).
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce
 yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), 
seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
Latest Stories
Categories: 

